May 29, 2010

kebanggaan

tadi malem, ada kawinannya adeknya oom Surya. asik sih ada pedang poranya. sempet kepikiran, aku nanti kalo nikah pengen pake pedang pora juga. habisnya keren siih :D
tapi aku pikir pikir lagi. kalo pedang pora, berarti aku nikahnya sama angkatan laut dong?? NGGAK MAUUUU! -ya Allah semoga jodohku bukan TNI. amiiin-

waktu pulangnya, aku ngambek sama papaku. kepalaku sakit. perutku mual. dan papa terus aja ngobrol sama ini itu. yang katanya gubernur AAL lah, yang katanya temennya nanti kalo nggak pamit nyariin tapi pamit aja lama banget. aaaagghhh pokoknya aku ngambeeeek. papa tuh, udah tau badanku nggak enak ngobroool aja. udah gitu aku pake sepatu ada haknya. kaki saya pegel! udah gitu masih ketemu temen"nya mama lagi. mesti basa basi senyam senyum. AAAARRRRHHHHHH...

akhirnya pulang jugaaa. tentu saja aku langsung ganti baju cuci kaki, cuci tangan, sikat gigi. dan langsung meringkuk dibawah selimut. waktu udah hampir tidur, mamaku dateng, 'mbaaak minum obaaat!'. akupun melengos malas. trus minum obat.

lalu papa saya datang. aku yang masih ngambek mengambil posisi memunggungi papaku.tapi aku akhirnya nggak kuat.
aku nanya papaku,
'papa sama mama dulu waktu nikah pake pedang pora nggak?'

lalu papaku mulai cerita.

 "papa dulu nggak punya biaya buat ngadain pedang pora kayak gitu. kalo pake pedang pora, biayanya bisa sampe 200 jutaan sendiri. papa mikir, setelah nikah nanti masih banyak biaya yang harus papa keluarkan.
dulu komandannya papa pernah tanya, 'kamu nggak bangga jadi lulusan AKABRI?' lalu papa bilang, 'maaf pak, mungkin kebanggaan bapak dan saya berbeda. saya bangga kalau saya bisa mengabdi pada negara dengan baik. tidak curang. saya tidak bangga hanya dengan menjadi lulusan AKABRI.'
terus komandannya papa diem."

papaku diem sejenak, mungkin mengingat masa lalunya
" masuk angkatan laut itu susah. karena antara kepintaran, fisik dan jiwa harus hebat semua. kalo masuk univ biasa, asal pinter aja bisa. lagipula, di AKABRI itu didikannya keras. disiksa terus. oleh karena itu, ikatan diantara teman teman itu kuat sekali. karena kita ngerasain susah sama sama"

aku nanya, 'kenapa sih kok ada yang mau jadi TNI. udah masuknya susah, gajinya nggak banyak. disananya juga susah."

papaku menjawab,

"masuk TNI itu tujuannya apa sih? untuk mengabdi sama negara kan? buat papa, yang penting papa bisa mengabdi untuk negara dengan baik dan itu sudah cukup. papa ingin mengabdikan semua kemampuan papa untuk negara. tapi di angkatan laut juga banyak orang brengsek. di AAL, harusnya setiap orang bisa mengungkapkan pendapatnya secara merdeka. tapi sekarang, cuma orang yang dianggap dekat sama pemimpinnya aja yang bisa. itukan namanya penjajahan."

papaku diem agak lama sebelum akhirnya ngomong lagi.

"kalau nanti papa bisa ngajar mereka secara langsung, papa ingin merubah sistem yang ada. papa ingin semuanya bisa mengungkapkan pendapat dengan bebas. papa juga ingin mencetak perwira perwira yang benar benar hebat. yang jago bikin kapal, yang jago tembak tembakan. yang hebat otak, fisik maupun moral. bukan perwira yang cuma terlihat hebat karena bajunya keren atau main drum bandnya bagus."

aku sama papaku diem lagi. cuma suara TV yang kedengeran. tembak"an gitu.

"yaudah, tidur sana. udah malem."
papaku mbetulin selimutku, nyium keningku, matiin TV sama lampu kamarku sebelum akhirnya meninggalkan kamarku. ritual yang selalu dilakukannya kalo lagi di Surabaya.

aku mikir. ternyata papaku bisa juga ngomong kayak gitu. -hahaha-.
aku bayangin. gimana perasaannya papa waktu omongannya nggak didengerin sama temen sama atasannya?
gimana perasaan papa waktu aku, anaknya, nggak ndengerin papa?
papaku memang orang yang pinter dan punya banyak ide brilian. tapi papaku nggak tau gimana cara mengungkapkannya dengan cara yang bisa diterima semua orang.
mungkin iya, papaku orangnya agak nyentrik.

tapi malam itu, aku ngerasa bangga sama papaku :D

1 comment:

  1. Saya dari taruna pelayaran Pekanbaru sangat bangga dengan sikap ayah anda yang ingin mencetak perwira yang bebas berpendapat jangan takut untuk menikah dengan pelaut atau TNI karna tanggung jawab dipundak itu besar. Harapan itu dipikul untuk masa depan , tidak peduli seberapa kejam senior menghukumnya hanya untuk mengabdi kepada negara proud for you father
    - Zidan purba ( x nautika pelayaran Pekanbaru )

    ReplyDelete